BANJARNEGARA (BPBD Banjarnegara) — Pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Kota Banjarnegara diberikan pendampingan psikososial oleh Tim Psikososial yang dikoordinasi oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara. 

Seluruh peristiwa bencana umumnya membawa pengaruh besar bagi korban, termasuk kehilangan baik harta benda bahkan jiwa. Bencana juga mengganggu fungsi psikososial korban. Semua itu berpengaruh terhadap ketidakmampuan korban dalam memenuhi kebutuhan dasar, terganggunya fungsi sosial berupa masalah traumatik yang berkepanjangan. Bencana kebakaran pasar sayur kabupaten banjarnegara  yang terjadi pada hari Kamis, 11 Maret 2021 masih meninggalkan rasa duka dan kehilangan yang dalam bagi beberapa pedagang. Terutama yang lapak dan barang dagangannya ludes terbakar.

Seperti yg disampaikan Ny. S saat berkunjung ke posko pelayanan BPBD ketika meminta tanda izin masuk lokasi untuk mengambil beberapa barang yang masih bisa diselamatkan di bekas kiosnya di lantai satu. Meski mencoba menutupi, namun tidak bisa dipungkiri tersirat kesedihan dari tutur ceritanya. Tidak banyak barang dagangan miliknya yang bisa diselamatkan dan bisa dijual kembali. Perempuan ini mengaku hanya bisa pasrah dan akan mematuhi kebijakan pemerintah terkait nasibnya nanti. 

Untuk menangani permasalahan Psikososial tersebut BPBD Banjarnegara bersama OPD terkait kembali membentuk Tim Psikososial Pasca Bencana. Tim yang sudah berpengalaman di bidang  Trauma Healing dan Psikososial ini menghadirkan pelayanan bagi para pedagang yang mengalami trauma psikis terhadap kejadian kebakaran yang mereka alami. 

Tim Psikososial mendatangi pedagang di pasar darurat untuk melakukan diskusi sosial.

Kepala Seksi Rehabilitasi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Banjarnegara Sri Wahyuni, S.Kep.Ns, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini telah dijadwalkan sejak Jumat 19 Maret 2021 hingga Selasa 30 Maret 2021. “Pelayanan dibuka setiap hari Selasa dan Jumat, pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Korban terdampak kebakaran ini bisa datang ke Posko BPBD di depan Masjid Al-Fitroh, Jalan Letnan Karjono. Selain itu Tim juga akan berkeliling untuk melakukan diskusi sosial kepada para pedagang di lokasi pasar darurat.” jelas wanita yang kerap disapa Yuni yang juga bertindak sebagai Koordinator Tim Psikososial.  

Tim Psikososial yang dikoordinir oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara ini terdiri dari RSUD Banjarnegara, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Dinsos  PPPA Kabupaten Banjarnegara dan PMI Banjarnegara.  ~Jim~