Banjarnegara (BPBD  Banjarnegara)  — BPBD Kabupaten Banjarnegara optimis pencairan bantuan sosial dalam waktu dekat. Penerima bansos yang diajukan oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara adalah korban terdampak bencana alam yang terjadi di Banjarnegara sejak akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021. 

Beberapa kejadian bencana alam yang terjadi di Kabupaten Banjarnegara sejak awal tahun 2021 mendampak kerusakan pada hunian warga. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui BPBD mengupayakan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang rumahnya terdampak bencana. Upaya penyaluran bantuan sosial tersebut salah satunya adalah yang berasal dari APBD Kabupaten. Hal ini dibahas dalam Rapat Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Yang Direncanakan Tahun 2021, pada Rabu 24 Maret 2021 pukul 09.00 sampai dengan selesai, bertempat di Joglo Elwasi BPBD Kabupaten Banjarnegara.

“Saat ini bantuan sosial yang berasal dari APBD Kabupaten sudah siap untuk dilakukan pencairan. Namun acuan dalam penyaluran dan pelaporannya masih belum jelas regulasi yang akan digunakan.” Kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Banjarnegara Budi Wahyono, SE. 

Menanggapi hal tersebut pihak BPPKAD Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Kepala Bidang Perbendaharaan, Eka Prayitno, SE, M.Si, menjelaskan bahwa sesuai dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Didalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa anggaran untuk hibah dan bantuan sosial masuk pada anggaran yang dikelola oleh OPD teknis dan Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun Peraturan Bupati sebagai turunannya. 

Kabupaten Banjarnegara sampai saat ini belum menyusun turunan dari Permendagri tersebut. Sebagai alternatif penganggaran dan penyaluran dapat melalui mekanisme BTT atau dengan mekanisme penganggaran bantuan sosial yang direncanakan. Persyaratan pengajuan pencairan mekanisme tersebut masih sama seperti pengajuan Bantuan Sosial Tidak Direncanakan. 

Untuk pencairan dan penyaluran bantuan sosial ini menunggu Surat Edaran Sekretaris Daerah tentang Penatausahaan Hibah dan Bantuan Sosial. Hal ini tengah diusulkan oleh BPPKAD Kabupaten Banjarnegara supaya pencairan bansos bagi korban bencana alam akan segera terlaksana. ~Jim~