BANJARNEGARA (BPBD Banjarnegara) — Kecelakaan tunggal terjadi pada Jumat 21 Mei 2021 pukul 14.30 WIB. Kejadian naas yang menewaskan satu orang ini terjadi di Jalan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di KM 6,4 penghubung Mandiraja Sempor turut Dusun Pertinggi RT 2 RW 5 Desa Glempang Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.

Truk dengan nomor polisi L 8429 UT bermuatan pakan kucing tersebut terguling ke sisi badan jalan. Saat ditemukan oleh warga truk tersebut sudah dalam kondisi terbalik. Terlihat pengemudi yang sudah meninggal terjepit kabin yang ringsek. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto S.PD, M.M. yang memimpin langsung operasi evakuasi mengatakan diduga truk ekspedisi PT. POS tersebut hilang kendali saat menuruni jalan yang cukup curam dan menikung.

“Kendaraan dari arah atas sedang berjalan turun dan membawa beban berat, diduga hilang kendali dan masuk ke jurang di sebelah kiri jalan. Kendaraan kemudian terbalik dan tertahan rumpun bambu sehingga tidak jatuh ke jurang. Karena bagian kabin ringsek, menjepit pengemudi. Hanya satu orang itu yang berada di kabin” Kata Aris. 

Proses evakuasi korban berjalan cukup lama. Mengingat truk dalam posisi terbalik dan bermuatan begitu banyak. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari BPBD Banjarnegara, BASARNAS Pos Wonosobo, PMI Banjarnegara, TNI POLRI, Relawan dan Masyarakat berjuang hingga malam hari. Mereka harus membongkar muatan seberat  6 Ton terlebih dahulu sebelum mengevakuasi korban. 

Jenazah korban bisa dievakuasi pada pukul 21.30 WIB. Dari identitas yang ditemukan, korban meninggal dunia bernama AKH. AZIZIR R (33 tahun) warga RT 04 RW 02 Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.

Jenazah korban kemudian dibawa ke RS Emanuel Banjarnegara dengan ambulan milik PMI BAnjarnegara. Dengan berhasil dievakuasinya korban maka operasi dinyatakan ditutup. ~JIM~