Banjarnegara — Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menggelar apel kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi di Jalan Dipayuda/ depan gerbang Komplek Pendopo Dipayuda Adigraha, Selasa (9/11/2021).  Apel siaga tahun ini mengambil tema ”Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan Siap Untuk Selamat.’’ 

Apel ini diikuti oleh BPBD Banjarnegara, Forkopimda Banjarnegara, OPD dan Dinas terkait, Camat se-Banjarnegara, Organisasi dan Komunitas Relawan

Berlaku sebagai pembina apel Plh Bupati Banjarnegara, H. Syamsudin, S.Pd, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, H. Syamsudin menyampaikan bahwa apel ini menjadi hal wajib untuk semua lintas sektor dalam menghadapi musim hujan sebagai langkah konsolidasi semua komponen Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat. 

“Apel yang dilaksanakan pada tanggal 09 November ini, merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan rasa aman dalam upaya mengurangi risiko bencana pada masyarakat terutama masyarakat yang hidup daerah rawan bencana.” kata Syamsudin.

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin. Mulai dari banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi.

Menurut Syamsudin, kerawanan tersebut bertambah seiring dengan masuknya musim penghujan.  Banjarnegara merupakan wilayah yang rawan bencana dengan potensi bencana yang sangat beragam. Mulai dari erupsi gunung api dieng, gempa bumi, tanah longsor, angin kencang, kebakaran hutan, hingga banjir.

“Maka kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya bencana harus kita tingkatkan, salah satunya adalah melalui Apel Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan pada hari ini.” imbuh Plh Bupati.

Menurut Plh Bupati, apel ini merupakan momentum yang tepat bagi pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi semua unsur Pemda, TNI, POLRI, Dunia Usaha dan semua Relawan Banjarnegara.  

“Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi. Namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana. Apel  Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Banjarnegara pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan gotong royong  seluruh elemen masyarakat terhadap bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional.” Pungkas beliau.

Plh. Bupati beserta jajaran Forkopimda setelah apel kemudian berkesempatan untuk meninjau kesiapan kelengkapan peralatan dan perlengkapan penanggulangan bencana dari mulai alat berat hingga peralatan khusus yang digunakan tim Pencari dan Penyelamat (SAR) yang digelar di depan Setda Banjarnegara ~jim~